PENGENALAN TEKNOLOGI GAME

Pada pertemuan ini saya akan berbagi cerita mengenai teknologi game,, teknologi game sebenarnya di buat tidak lebih untuk membuat hiburan bagi penggunanya. sebenarnya teknologi game sudah ada sejak dahulu kala, mulai dari game tradisional yang tanpa menggunakan teknologi, hingga sampai sekarang.
  • Pada tahun 1966 teknologi game mulai di kembangkan oleh ilmuan amerika bernama Ralph H. Baer di perusahaan Sanders hingga tercipta sebuah konsol game yang dinamakan Brown Box.
  • Kemudian pada tahun 1970 tercipta sebuah game Atari 2600 dengan Joystick plus 1 tombol merah.
  • Pada Tahun 1995 Nitendo mengeluaarkan game baru dengan tambahan tombol yaitu A dan B.
  • Setelah itu muncul Sega dengan tambahan tombol C.
  • Setelah itu muncul Playstation dengan menambahkan banyak tombol baru.

 

Pengertian Game

Berikut ini adalah pengertian dan definisi game:
# JOHN C BECK & MITCHELL WADE
Game adalah penarik perhatian yang telah terbukti
Game adalah lingkungan pelatihan yang baik bagi dunia nyata dalam organisasi yang menuntut pemecahan masalah secara kolaborasi
# IVAN C. SIBERO
Game merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan dan dinikmati para pengguna media elektronik saat ini.
# FAUZI A
Game merupakan suatu bentuk hiburan yang seringkali dijadikan sebagai penyegar pikiran dari rasa penat yang disebabkan  oleh aktivitas dan rutinitas kita
# SAMUEL HENRY
Game merupakan bagian tak terpisahkan dari keseharian anak, sedangkan sebagian orang tua menuding game sebagai penyebab  nilai anak turun, anak tak mampu bersosialisasi, dan tindakan kekerasan yang dilakukan anak
# ANDIK SUSILO
Game adalah salah satu candu yang susah  dihilangkan, bahkan ada yang mengatakan bahwa candu game online setara dengan narkoba
# JOHN NAISBITT
Game merupakan sistem partisipatoris dinamis karena game memiliki tingkat penceritaan yang tidak dimiliki film
# ALBERT EINSTEIN
Game adalah bentuk investigasi paling tinggi
# WIJAYA ARIYANA & DENI ARIFIANTO
Game merupakan salah satu kebutuhan yang menjadi masalah besar bagi pengguna komputer, karena untuk dapat memainkan game dengan nyaman, semua komponen komputernya harus memiliki kualitas yang baik, terutama VGA card-nya

JENIS JENIS GAME

1. Games aksi

Genre ini merupakan macam game yang paling populer. Game jenis ini membutuhkan kemampuan refleks pemain dan timingyang tepat. Salah satu subgenre action yang populer adalah First Person Shooter (FPS). Banyak sekali game sukses di pasaran yang termasuk dalam genre ini. Game jenis ini memerlukan kecepatan berpikir. Game ini dibuat seolah-olah pemain yang berada dalam suasana tersebut. Contoh game genre ini, misalnyaHalf Life, Crysis, Call of Duty: Modern Warfare, dan lain sebagainya.

2. Games aksi – petualangan

Genre ini memadukan gameplay aksi dan petualangan. Pemain diajak untuk menelusuri gua bawah tanah sambil mengalahkan musuh, mencari artefak kuno, menyeberangi sungai dan sebagainya. Saat ini kebanyakan genre ini sudah mengadopsi 3D.Tom Clancy’s Splinter Cell, Hitman, Tomb Rider dan Prince of Persia termasuk dalam game ini.

3. Games Simulasi, Konstruksi, dan Manajemen

Pemain dalam game ini diberi keleluasaan untuk membangun, berekspansi, dan mengatur komunitas fiksi atau proyek tertentu dengan bahan baku yang terbatas. Contohnya adalah SimCity, The Sims, dan Spore.

4. Role Playing Games (RPG)

Dalam RPG pemain dapat memilih satu karakter untuk dimainkan. Seiring dengan naiknya level game, karakter tersebut dapat berubah, bertambah skill-nya, bertambah senjatanya, bertambah hewan peliharaannya dan lain sebagainya. Final Fantasy, World of Warcraft, Fallout, dan Dragon Quest termasuk dalam genre ini.

5. Strategi

Cikal bakal genre ini adalah board game. Genre strategi menitikberatkan pada kemampun berpikir dan organisasi. Game strategi dibedakan menjadi dua, yaitu Turn Based Strategy danReal Time Strategy. Genre Real Time Strategy mengharuskan pemain membuat keputusan dan secara bersamaan pihak lawan juga beraksi hingga menimbulkan serangkaian kejadian dalam waktu yang sebenarnya.

Contohnya adalah Age of Empires, Starcraft, Rise of Nation danCommand and Conquer. Sementara itu genre Turn Based Strategy mengharuskan pemain bergantian menjalankan taktiknya. Saat pemain mengambil langkah, pihak lawan menunggu. Demikian juga sebaliknya. Termasuk dalam genre ini adalahHeroes of Might and Magic, Front Mission dan Master of Orion.

6. Balapan

Pemain dapat memilih kendaraan, mendandani lalu melaju di arena balap. Tujuannya hanya satu, yaitu mencapai garis finish tercepat. Misalnya Need For Speed, Grand Turismo, Top Gear, Daytona dan lain sebagainya.

7. Olahraga
Genre ini membawa olahraga ke dalam komputer atau konsol. Biasanya gameplay dibuat semirip mungkin dengan kondisi olahraga yang sebenarnya. Termasuk dalam genre ini adalahFIFA, Winning Eleven, PES, NBA, Tony Hawk Pro Skater, dan lain-lain.

8. Puzzle
Genre puzzle menyajikan teka-teki, menyamakan warna bola, perhitungan matematika, menyusun balok, dan sebagainya. Misalnya Tetris, Bejeweled, Minesweeper, dan Bomberman.

TEKNIK MEMBUAT GAME

Tentukan dahulu Konsep Game yang akan digunakan.seperti Genre dari game yang akan di buat, apakah akan membuat game strategi, game Figther, dan banyak game lainnya.

Jalan Cerita, pada bagian ini adalah hal yang sangat penting dalam pembuat sebuah game, karena semenarik apapun tampilan sebuah game tanpa jalan cerita yang menarik, pasti akan mengurangi nilai dari game tersebut. karena sebuah cerita sangat menentukan sebuah game.

Grafik, pada bagian ini juga tidak kalah penting dengan teknik” yang sebelumnya, karena Grafik sangat menentukan Kualitas dari sebuah game.

Alur game, Alur game merupakan susunan dari sebuah cerita yang akan di buat, mulai dari melawan musuh-musuh yang lemah hingga mencapai musuh terakhir.

Buat Gamenya. setelah semua teknik di atas telah terbuat tinggal membuat gamenya dengan menyatukan satu persatu teknik tersebut.

Sumber :

http://www.kaskus.us/showthread.php?p=401069153

http://carapedia.com/pengertian_definisi_game_info2144.html

http://www.anneahira.com/macam-macam-games.htm

http://catatansioplek.blogspot.com/2012/03/teknik-membuat-game-secara-umum.html

Tinggalkan komentar